Kunjungan Direksi pemasaran Bank Jateng di Plut Jateng di Banyumas

Kunjungan Direksi pemasaran Bank Jateng di Plut Jateng di Banyumas

Kondisi Koperasi dan UMKM sudah masuk dipersaingan pasar bebas masyarakat Ekonomi Asean (MEA) hal ini tentunya tantangan dan peluang bagi UMKM di Indonesia khususnya wilayah Provinsi Jawa Tengah. Dari potensi yang ada di masing-masing daerah tentunya tidak semua memiliki produk yang sama melainkan khas masing-masing daerah. Dalam pertarungan kualitas produk salah satunya menjadi kekuatan produk-produk lokal yang harus selalu di gali dari kekurangan sehingga UMKM mampu dan mengetahui kelemahnya serta mendapatkan informasi peluang pasar.

Untuk meningkatkan kualitas produk-produk lokal maka perlu dilihat aspek permasalahan yang ada salah satu akses prrmodalan. UMKM akan terus menuju kemunduran bila penanganan masalah tidak segera di cari solusinya salah satu masalah permodalan bisa meningkatkan berkembang ditingkat produksi.

Rombongan Bank Jateng mlihat produk UKM

Kunjungan Direksi pemasaran Bank Jateng di Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM Jawa Tengah (4/5) di jalan senopati no 30 Dukuh Waluh Kecamatan Kembaran Banyumas disambut oleh Konsultan pendamping UMKM. Rombongan didampingi perwakilan Bank Jateng cabang Purwokerto meninjau langsung display produk yang ada. Selain itu rombongan menanyakan program pendampingan yang sudah dijalankan.

Sesuai dengan arahan Gubernur Jateng yang disampaikan oleh Pujiono selaku Direksi Pemasaran bank Jateng “bahwa untuk meningkatkan pengambangan UMKM maka Bank Jateng menurunkan program kredit mitra jateng sejumlah 25 juta maksimal. Dari program tersebut dengan pembiayaan yang sangat rendah yaitu 7% pertahun tanpa agunan dengan waktu yang ditentukan selama 3 tahun”, katanya.

Salah satu tujuan Bank Jateng datang ke plut  menjajaki kerja sama untuk pembiayaan mitra binaan Plut. Karena dengan bisa bersinergi maka program tersebut bisa tersoliasikan dengan cepat serta secara khsusus Plut mempunyai mitra binaan ukm yang sudah banyak bermitra.

“Kami menjajaki kerjasama dengan PLut di Banyumas untuk melihat produk–produk yang ada, bila mana mitra ukm yang ada mengalami permasalahan permodalan maka bisa untuk kami bantu dari sisi permodalan, dari konsultan juga berperan untuk mendampingi usahanya”, kata Pujiono direktur pemasaran bank Jateng.

Untuk mengetahui kondisi ukm yang mengakses permodalan mitra jateng 25 tersebut, maka Bank Jateng akan menganalisa dengan ketentuan bank yang diberlakukan.

Pujiono selaku Direktur pemasaran menambahkan “Bila mana kemiskinan bisa di turunkan maka secara umum sesuai dengan slogan provisni Jawa Tengah menuju Jawa Tengah sejahtera dan berdikari. Kalau dari pengusaha kecil itu berkembang maka bisa meningkatkan nilai ekonomi yang ada serta semakin berkembang usaha tersebut, dampak dari lingkungan bisa memperkerjakan keluarga, tetangga dan sekitarnya”.

Kuswoyo selaku Konsultan Plut menyampaikan “Kami sangat menyambut dan mengapresiasi dari Direksi Bank Jateng yang mau berkunjung ke Plut, terlebih membicarakan program Bank Jateng untuk pengembangan terhadap UMKM, Untuk menindak lanjuti kunjungan tersebut, rencana kami akan berkunjung ke Bank Jateng di hari seninnya agar bisa kerjasama dalam pendampingan terhadap UKM” katanya. (red/K).

Kuswoyo

About Kuswoyo

Penggemar kopi, aktif di banyak organisasi sosial. Konsultan di PLUT UMKM Jawa Tengah.